Senin, 03 Oktober 2011

Arti dari " LICENSE AGREEMENT"




   USER AGREEMENT atau LICENSE AGREEMENT atau dikenal juga dengan EULA
(End User License Agreement) adalah perjanjian antara pembuat aplikasi dengan pengguna aplikasi tersebut (user). EULA sering juga disebut software license, yang menyatakan bahwa pengguna boleh menggunakan perangkat lunak ini dengan syarat yang telah disetujui saat melakukan proses instalasi software.
Sebagai contoh dalam hal ini saya melakukan instalasi software GOM player,dimana EULA dalam proses Instalasi GOM player ini menerangkan bahwa Software ini adalah produk freeware dikembangkan untuk pengguna normal, dan pengguna jasa yang menyetujui EULA. Karena itu dapat digunakan secara bebas di rumah, pekerjaan sekolah, atau tempat umum di manapun.Kepentingan pribadi, non-komersial. Jadi,menggunakan Software untuk tujuan komersial tanpa izin dari Gretech dilarang.
  User juga dilarang  untuk memodifikasi, merekayasa balik, menguraikan, atau membongkar Perangkat Lunak ini (FFmpeg digunakan sesuai dengan LGPL). 
Software ini mencakup fungsi yang berkontak dengan server pembaruan dalam rangka untuk secara otomatis mengupgrade versi terbaru, perbaikan bug, patch, upgrade kinerja dan update lainnya. Dengan menginstal Software ini para User setuju untuk memungkinkan software melakukan update otomatis. Selanjutnya, adalah mungkin bahwa fitur tertentu dan fungsi yang sebelumnya tersedia akan menjadi tidak dapat digunakan setelah mengupdate.
   Gretech yang berada di Korea Selatan tidak bertanggung jawab atas beberapa hal berikut :
1) Gretech tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan sistem komputer, perangkat, atau data yang jika menginstal atau menggunakan Perangkat Lunak ini.
2) Gretech tidak menjamin terhadap kesalahan, bug, masalah performa, atau masalah keamanan dengan Perangkat Lunak ini.
3) Gretech tidak menjamin bahwa hal itu dapat / akan memperbaiki setiap kesalahan dalam Perangkat Lunak.
 
  Dari pernyataan License agreement atau EULA tersebut,saya dapat menarik kesimpulan bahwa tujuan EULA yang paling mendasar adalah mencegah pengguna/User dalam menyalahgunakan aplikasi sedemikian rupa dan dengan aturan yang telah ditentukan dalam EULA,maka user "nakal" akan berada dalam masalah.Akan tetapi, kebanyakan user tidak peduli dengan EULA yang diterapkan,dikarenakan hampir semua pengguna hanya ingin menggunakan aplikasi secara praktis tanpa "basa-basi". padahal,dengan meng-klik "I ACCEPT" atau "I AGREE" tanpa membaca EULA terlebih dahulu,para pengguna tidak akan mengetahui apa yang akan terjadi tehadap aplikasi yang digunakan.Jadi,User harus siap-siap menanggung semua akibatnya.Dan EULA atau LICENSE AGREEMENT setiap software berbeda-beda.Jadi,alangkah baiknya saat menginstal software,pahami dulu LICENSE AGREEMENTnya.Agar anda tahu apakah software tersebut merugikan anda sebagai pengguna atau tidak.

 

1 komentar:

© 2012 -adi | caca | Blogger Template HTML 5 | Designed by kimzigr | Using The 1KB Grid | Powered by Blogger